Reuni

Gue bingung deh, kenapa sih orang-orang senang banget reuni? Kenapa sih orang begitu senangnya mengingat masa lalu … eh elu dulu begini kan? Yaa .. ampun sekarang lo gini banget yaa? Inget ga dulu kita begitu? Ha ha ha … hi hi hi … So what gitu? Trus emang apa yang bisa kita ubah? Kenapa kita seperti terjebak dengan masa lalu?
Bentar … bentar .. dulu elo punya pacar ga? Temen ngegank? Guru favorit yang suka kasih elu nilai 8?

Engga ada semua sih. Gue dulu judes ama cowok. Boro-boro punya pacar, baru digodain dijodoh-jodohin aja, gue dah menyalak. Gue juga ngerasa minder, cakep engga, jauh dari pinter, ga termasuk orang kaya, bukan atlet, jadi ga pe de ikut-ikutan nge-gank. Boro-boro nilai 8, belajar aja sistem kebut semalam, itu pun bisa terjeda kalo ada Ajax Amsterdam main di Liga Champion. Nonton aksi Jari Litmanen was a must.

Heran, lo bisa bertahan dengan cara seperti itu. Pantesan apriori banget lo ama yang namanya reuni.

Tapi ya, gue sempat  berdesir pas nerima telepon dari temen gue yang satu ini. Pas gue angkat, ternyata si Aldo, temen cowok satu-satunya yang waktu sekolah mau ngobrol ama gue, soal liga champion!! Hi hi hi … masih ada yang inget gue, ternyata. 

“Hi, Jeng. Kamu dateng kan ke reuni nanti? Dateng lo ya. Udah berapa kali reuni lu ga pernah mau nemuin kita-kita.” Daan, lancar banget trus dia nanyain gue lagi ngapain,”Di jalan ama laki gue, kami baru nganter anak ujian masuk SMA.” Bla bla bla … aduh beib, maaf ya … jadi ga nemenin kamu yang lagi nyupir. Ni telepon gimana mutusnya ya?

Akhirnya, gue dateng juga pas reunion walo sebentar. Gara-garanya, anak bungsu ga mau ikut, sementara kemandiriannya masih sangat meragukan. Kakaknya ada ekskul, ayahnya ada bisnis tambahan. Ga sempet ngobrol banyak sih. Tapi sedikit banyak ngerubah pendapat gue soal reuni. 

Ternyata menyenangkan juga, lihat wajah sumringah temen-temen. Mulai tahu kesulitan beberapa dari mereka. Jadi bersyukur, sekaligus kagum sama mereka. Masalah berat mereka ga bisa diceritain satu-satu di sini, tapi kayaknya sih lebih berat dari masalah-masalah yang gue hadapin.
Ehh .. ladhalah. Apa Tuhan setuju, ya masalah gue yang paling ‘ringan’ di antara temen-temen yang laen? Tetiba gue kayak diamprugin masalah orang gitu.

“Tahu ga, Jeng .. si Yayu masa kena ama gue.” Kira-kira sebulan setelah reunian itu, Aldo telepon lagi. Maksudnya kena bagaimana ya?

”Awal nya biasa lah gue tanya lagi ngapain, udah makan apa belom, keluarga gimana,” kedengarannya biasa-biasa aja. 

“Tapi dia lantas wa mulu. Kalo gue jawab telat dikit, kayak ngambek, nyindir bilang gue sombong lah”. Lahh, kan bisa bilang, kerjaan lo ga cuma pegang hp doang.

”Udah gue bilang, lagi rapat, ada klien. Puyeng gue wa nya berondongan, banyak banget.”
“Yaaa … kalo lu ga suka sering-sering di wa, besok-besok ga usah sok-sok ramah ke orang. Terus, sekarang lu atur aja jarak ngebales wa nya dia. Tunjukin kalo lo ga niat ber-wa-an.” Gue cuma bisa saranin gitu sama si Aldo.

Sekali. Dua hari kemudian, die ngeluh begitu lagi. Ayolahh … Aldo minta gue nyuruh si Yayu berenti wa-in die. Whatt??? 

“Apa bukti gue kalo si Yayu nge-wa-in elu terus, Do? Gimana kalo Yayu bilang, ‘urusan lu apa?’ mending kalo begitu doang. Gimana kalo die bilang, ‘Aldo kok yang suka wa-in gue. Cari perhatian, sok-sok perhatian’.” Hellooo … trus, gue udah kejepit di antara elu berdua. No, no, no. Yang cari masalah, elu. Yang cerita masalah, juga elu. Gue udah nyediain kuping gue buat denger, lho. Otak gue buat mikir, dan akhirnya gue cuma bisa kasih saran,” Jaga jarak, kasih tanda elu ga bermaksud apa-apa.” 

Cerita ini ternyata udah kayak sinetron stripping yang ampe tayang banyak episode. Setelah dikasih saran jaga jarak, berbulan-bulan ga ada komplen lagi, tiba-tiba 9 bulan mulai lagi curhatan yang bikin bete, karena bikin dilema kelas berat. Didiemin takut menjerumuskan temen dalam dosa dan kehancuran rumah tangga, dicampurin malah kayak intervensi kehidupan pribadi orang, sok tahu, berasa kejepit, daaan yang gue ngeri ujung-ujungnya jadi kayak saingan rebutan ‘selingkuhan’. Uweeekkkk … pengen muntah ngebayanginnya.

Dan ternyata, dari pengakuannya, ga cuma satu temen alumni cewek yang kena pancing ama si Aldo. Merasa diperhatiin, diajakin ketemuan, rayu-rayuan di chat, ujung-ujungnya posesif, lupa kalo udah pada berkeluarga. Yang sebelum-sebelumnya mundur teratur karena mungkin kepalanya kejedot tiang pancang monorel jadi sadar mana yang nyata, mana yang khayalan. Yang terakhir ini, kelihatannya si Aldo kewalahan karena Jeng Yayu pantang mundur. Mam#uss lo wkwkwkw … Udah diblokir 2 kali ama si Aldo, pas ganti hp, ternyata blokir kebuka lagi. Aldo mulai eneg sama gaya chat yang kecentilan, masih mancing-mancing mesra yang nakal, yang jelas dah bosen kali dia. Yaa ampuuuun … udah 2 tahun cerita lo masih sama aja, Do.

Suatu ketika, dengan nada putus asa gitu, Aldo bilang di telepon,”Gue heran, apa sih yang cewek-cewek itu lihat dari gue? Kok mereka bisa centil-centil nakal gitu kalo chat ama gue? Ganteng kaga, kaya boro-boro.” Ge er amat lu, Do.

Ayolah gaes, banguuuunnn!!! You’ve been dreaming, and don’t have any willingness to be concious.You chose to be insane. Jangan mikir setelah puluhan tahun berlalu dari jaman putih abu-abu, terus kita mikir seharusnya gue dulu nikah sama elu aja yaaa. Percaya deh, kalo dulu kita nikah sama temen putih abu-abu kita, ga mungkin kita dapet kebahagiaan, kemapanan, jalan cerita kehidupan yang kita punya sekarang. Well, kecuali kalo emang takdir kita nikah ama temen putih abu-abu. Tapi kan engga. Dan, tahu ga kenapa kita ga nikah ama temen putih abu-abu kita?

Karena kita yang cewek, secara alami mencari kemapanan, nyaman berlindung dengan orang yang kita anggap mapan secara ekonomi, dewasa dalam berfikir. Kalo kita yang cewek nikah muda ga lama setelah lulus SMA, ga akan mungkin kita temuin segala kemapanan yang kita idamkan itu sama temen putih abu-abu seangkatan kita. Cowok yang baru lulus SMA bakalan dibebanin bales jasa sama orang tuanya, ato disuruh sekolah tinggi biar ngebanggain keluarga.

Terus, setelah belasan tahun kita jatuh bangun sama laki-laki yang dulu kita pilih, yang dengan segenap usahanya sampe ke sumsum tulang rusuk berusaha ngebahagiain kita, bisa kita coret begitu aja dari memori kebahagiaan yang pernah kita punya? Cuma gara-gara kita terpesona karena temen putih abu-abu tampil begitu klimis, tegap, dan nampak sudah mapan? Cuma gara-gara, temen putih abu-abu kita lebih sering nanya sudah makan apa belom lewat wa? Cuma gara-gara laki-laki yang nemenin tidur puluhan tahun udah kelihatan lebih lusuh, mulai autis sama gadget, hobi? Yakin gitu, kalo kita pindah ‘sandaran hati’, sandaran baru itu bakalan terlihat ‘wah’ selama-lamanya? Sandaran baru bakalan lebih tulus nemenin kita dengan segala egoisme dan kecerewetan kita soal tuntutan hidup?

Ayolahh … mungkin lebih baik kalo kita coba ngunjungin temen putih abu-abu kita satu per satu. Biar kita bisa lihat, kesulitan berjuang untuk hidup bukan cuma kita saat ngadepin suami. Ada kawan yang seumur anak keduanya, harus berjuang mondar-mandir RS karena kesayangannya itu punya kelainan ginjal bawaan, cairan otak yang berlebihan. Atau kawan yang jatuh bangun merintis usaha rumah makan. Ada juga yang puluhan tahun berjuang punya keturunan. Bagaimana dengan kawan yang harus menelan kenyataan pahit disingkirkan suami yang memilih perempuan lain?

Bisa jadi hidup kita sudah ga ada cobaan berat kali ya sampe fokus kita terusik sama sosok kharismatik sesaat? Sampe-sampe sosok yang cuma bayangan itu bisa nutup kepahlawanan lelaki pilihan hidup kita. Makanya, mungkin, jangan terlalu sering reuni. Karena, aktivitas yang sering akan berubah jadi rutinitas tanpa kesan yang bikin kita lupa meluruskan niat. Saat kita reuni, seharusnya itu bentuk silaturrahim yang bisa bikin kita didoain malaikat. Jadi, usahakan tidak mencemarinya dengan memulai tindakan lanjutan sok perhatian.🌾

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjernihkan Nurani

Assalaamu'alaikum, Krisna

Demi Buah Salak